Beasiswa Tahfidz S1 Dalam Negeri (BT.01)

Beasiswa Tahfidz S1 Dalam Negeri merupakan program beasiswa bagi Lulusan Satuan Pendidikan Umum dan Keagamaan Jenjang Menengah di bawah binaan Kemenag/Pondok Pesantren/Lulusan SMA/SMK yang ditujukan kepada Tahfidz Quran untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 pada perguruan tinggi di dalam negeri.

Persyaratan

  1. Mengisi data diri lengkap dengan mengunggah pas foto resmi dan terbaru berukuran 3×4 (maksimal 1 MB) dengan background merah pada aplikasi pendaftaran daring dan mengunggah semua persyaratan dokumen yang ditetapkan;
  2. Warga Negara Indonesia (WNI);
  3. Mempunyai Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di bawah binaan Kementerian Agama (daftar jenis satuan pendidikan terlampir) atau pemilik Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari SMA/SMK yang dikelola oleh Pondok Pesantren, dilengkapi fotokopi Buku Rapor Nilai 3 (tiga) semester terakhir;
  4. Telah lulus seleksi masuk perguruan tinggi (telah memiliki Letter of Acceptance/Surat Keterangan Lulus). Pendaftar yang belum memiliki LoA unconditional dapat mendaftar melalui Jalur Reguler, dengan batas maksimal Intake studi adalah Semester Gasal TA 2025/2026.;
  5. Mendaftar pada program studi dan perguruan tinggi tujuan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama;
  6. Memiliki prestasi akademik dan/atau non-akademik dalam 3 (tiga) tahun terakhir sebagai berikut:
    • Penghafal Al-Quran minimal 10 Juz.
  7. Menandatangani Surat Pernyataan Komitmen dan Integritas di atas materai Rp10.000 (format terlampir) yang memuat pernyataan antara lain:
    1. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima Beasiswa Indonesia Bangkit;
    2. Tidak sedang atau telah menempuh studi pada jenjang sarjana (S1) pada perguruan tinggi di dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri;
    3. Tidak sedang atau akan mendaftar sebagai ASN (CPNS/PPPK) selama menjadi Calon Penerima atau Penerima Beasiswa Indonesia Bangkit;
    4. Wajib mengikuti pendidikan secara penuh waktu (full time) di Perguruan Tinggi tujuan;
  8. Memiliki sertifikat kompetensi bahasa Inggris. Bagi pendaftar program studi rumpun ilmu agama dapat melampirkan sertifikat kompetensi bahasa Arab. Masa berlaku sertifikat maksimal 2 (dua) tahun sejak diterbitkan dengan ketentuan skor sebagai berikut:
  9. Memiliki sertifikat kompetensi bahasa Inggris. Bagi pendaftar program studi rumpun ilmu agama dapat melampirkan sertifikat kompetensi bahasa Arab. Masa berlaku sertifikat maksimal 2 (dua) tahun sejak diterbitkan dengan ketentuan skor sebagai berikut:
    • Jenis Sertifikasi Kompetensi Bahasa InggrisSkor Minimal
      TOEFL ITP®400
      Sertifikat Kompetensi Bahasa Inggris Pusat Bahasa PTKIN450
      Sertifikat Kompetensi Bahasa Arab Pusat Bahasa PTKIN450
  10. Memiliki surat rekomendasi dari kepala satuan pendidikan asal  (format terlampir);
  11. Memiliki surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit atau pusat layanan kesehatan;
  12. Menulis Personal Statement / Esai Motivasi Diri (ditulis dalam bahasa Indonesia, 1.000-1.500 kata);
  13. Pendaftar khusus yang berasal dari: (i) daerah terdepan / terluar / tertinggal: (ii) orang asli Papua; (iii) anak pekerja migran Indonesia; (iv) latar belakang keluarga pra-sejahtera; (v) korban konflik; (vi) korban bencana alam; dan (vii) penyandang disabilitas dapat dimungkinkan diprioritaskan;
  14. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:
    • Kelas Eksekutif;
    • Kelas Khusus;
    • Kelas Karyawan;
    • Kelas Jarak Jauh;
    • Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk;
    • Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri;
    • Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara perguruan tinggi; atau
    • Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kementerian Agama.

Persyaratan Dokumen

NoDokumenOnline FormUnggahan Dokumen
1Isian Data Diri Pendaftar√* 
2Pas Foto√* 
3Scan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga √*
4Scan asli Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di bawah binaan Kementerian Agama √*
5Scan asli Buku Rapor Nilai 3 (tiga) semester terakhir √*
6Scan asli Hasil Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri (bagi lulusan Luar Negeri)*) 
7Scan asli Surat Bukti Kelulusan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi pada Program studi yang dipilih (kecuali bagi pendaftar jalur reguler)*) 
8Scan asli Sertifikat Kompetensi Bahasa Inggris/Arab yang dipersyaratkan dan masih Berlaku √*
9Scan asli Surat Keterangan/Sertifikat Kepemilikan Prestasi √*
10Scan asli Surat Keterangan sehat jasmani dari rumah sakit atau pusat layanan kesehatan √*
11Scan asli Surat Pernyataan Komitmen dan Integritas √*
12Scan asli Rekomendasi dari kepala satuan pendidikan atau tokoh masyarakat √*
13Scan asli Personal Statement / Esai Motivasi Diri √*
14Scan asli Surat Keterangan bagi Pendaftar Khusus*)