Beasiswa Pengembangan Wawasan Internasional Moderasi Beragama di Jerman Bagi Pengasuh Pesantren Dibuka!

Jakarta – Pendidikan Pesantren Kementerian Agama melalui Beasiswa Indonesia Bangkit membuka program beasiswa non gelar yang diperuntukkan bagi Pengasuh Pesantren di Indonesia. Program ini merupakan Pelatihan Pengembangan Pengembangan Wawasan Internasional Moderasi Beragama yang akan diselenggarakan di Jerman pada 2023. Secara khusus pelaksanaan akan berpusat di University of Margburg dan University of Frankfurt am Main. 

Program ini digulirkan hasil kerja sama Kementerian Agama khususnya Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan dalam pengelolaan Dana Abadi Pesantren.

Program ini diperuntukkan bagi Pengasuh, Kyai/Nyai Muda, Pengelola Pesantren, Aktivis Pesantren (Tendik) atau bagian dari kepemimpinan kolektif Pondok Pesantren/dayah/alumni pesantren. Pondok Pesantren asal haruslah terdaftar dan memiliki Nomor Statistik Pesantren yang tercatat di Kementerian Agama. 

Komponen pendanaan pada beasiswa ini meliputi biaya program, biaya hidup, biaya visa, biaya transportasi, hingga biaya asuransi selama mengikuti program. Adapun persyaratan bagi pendaftar, selain sebagai pengasuh pesantren, adalah di antaranya seperti mampu memahami kitab kuning, memiliki kemampuan bahasa asing, memiliki wawasan nilai keislaman yang rahmatan lil ‘alamin, serta wawasan nilai moderasi beragama, nasionalisme, dan patriotisme juga integritas. Selengkapnya terkait booklet pendaftaran dapat diunduh disini.

Berikut tata cara pendaftaran:
(1) melakukan pendaftaran akun peserta secara daring melalui laman: https://beasiswa.kemenag.go.id;
(2) melengkapi profil peserta yang memuat data identitas diri, data keluarga, data pendidikan, data prestasi akademik dan/atau non-akademik, data kemampuan bahasa, dan data organisasi;
(3) mendaftar pada beasiswa yang ingin diikuti dan melengkapi semua dokumen persyaratan sesuai dengan jenis beasiswa pada laman https://beasiswa.kemenag.go.id;
(4) pendaftar dapat melihat tahapan seleksi beasiswa yang diikuti pada dasbor pendaftar.

Jadwal Pendaftaran:
(1). Pendaftaran Beasiswa 13 – 17 November 2023;
(2). Seleksi Administrasi 18 – 19 November 2023;
(3). Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 21 November 2023;

(4). Seleksi Wawancara 23 November 2023;

(5). Pengumuman Hasil Seleksi 25 November 2023.

Previous Post

14 Mahasiswa/i Peserta MOSMA Menuju Kampus Az-Zaitunah, Tunisia dalam Program MoRA Overseas Student Mobility Award.

Next Post

Program Beasiswa Penguatan Pengambilan Fatwa Ke Darul Ifta Mesir