Welcoming Virtual Meeting – Calon Penerima Beasiswa Gelar pada Beasiswa Indonesia Bangkit

Setelah pengumuman Program Beasiswa Gelar 2023 pada akhir Agustus dan awal September lalu, akhirnya seluruh calon penerima Beasiswa Indonesia Bangkit akan melakukan Welcoming Virtual Meeting. Pelaksanaan pertemuan ini pun dibagi dalam beberapa tahap. 

Tahap 1 adalah diperuntukkan bagi awardee Beasiswa Dalam Negeri yaitu 

  • BU 01 – Beasiswa Umum S1 Dalam Negeri, 
  • BU 02 – Beasiswa Umum S2 Dalam Negeri, 
  • BU 04 – Beasiswa Umum S3 Dalam Negeri, 
  • BP 01 – Beasiswa Prestasi S1 Dalam Negeri, 
  • BT 01 – Beasiswa Tahfidz S1 Dalam Negeri. 

Tahap 1 diikuti oleh sekitar 721 awardee Beasiswa Indonesia Bangkit pada 5 jenis beasiswa tersebut. Kegiatan dimulai dari pembukaan, kemudian sambutan Manajemen Pelaksana Beasiswa Indonesia Bangkit, Ruchman Basori, M.Ag. Ia menyampaikan arahan kepada awardee Beasiswa Indonesia Bangkit dan juga penjelasan terkait tahapan setelah kelulusan yang harus ditempuh pasca dinyatakan lulus seleksi Beasiswa Indonesia Bangkit. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan penjelasan Pedoman Umum Calon Penerima dan Penerima Beasiswa Indonesia Bangkit disampaikan oleh Dito Alif Pratama, MA. Pada sesi ini dijelaskan dengan detail hak dan kewajiban juga penjelasan terkait tahapan administrasi hingga ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa. 

Tahap 2 diselenggarakan pada Rabu, 4 Oktober 2023 dengan mengundang awardee:

  • BU 03 – Beasiswa Umum S2 Luar Negeri
  • BU 05 – Beasiswa Umum S3 Luar Negeri
  • BP 02 – Beasiswa Prestasi S1 Luar Negeri

Kegiatan dimulai pada jam 09.10 WIB dengan jumlah peserta 162 awardee Beasiswa Indonesia Bangkit Luar Negeri. Setelah dibuka oleh moderator, dilanjutkan oleh sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Dr. Abdullah Faqih, M. Ed. M.A. yang merupakan Sekretaris Manajemen Pelaksana Beasiswa Indonesia Bangkit. Ia menyampaikan terkait ucapan selamat, dan juga teknis alur komunikasi dan pencairan yang nantinya akan dihadapi oleh awardee. Selanjutnya sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Manajemen Pelaksana Beasiswa Indonesia Bangkit, Ruchman Basori, M.Ag. ia juga menyambut dengan hangat para awardee dan mengucapkan selamat atas terpilihnya para awardee dengan skema seleksi yang ketat.

Kemudian, Tim Komite Akademik, Arif Zamhari, Ph.D. memberikan sambutannya. Ia memberikan motivasi terkait semangat studi dan juga penjelasan terkait kewajiban para awardee selama menjalankan studi. 

Usai sambutan, dijelaskan terkait Pedoman Umum Beasiswa Indonesia Bangkit bagi awardee Luar Negeri oleh Dito Alif Pratama. Bagaimana hak dan kewajiban yang ditempuh awardee sebagai Calon Penerima Beasiswa Indonesia Bangkit dan Penerima Beasiswa Indonesia Bangkit. 

Sebelum tanya jawab, Yos Sudarso – Technical Lead Scholarship Management dari USAID Teman LPDP memberikan penjelasan terkait awardee yang akan melanjutkan rencana studi ke Amerika dapat berkorespondensi dengan USAID. 

Selanjutnya adalah tahap 3 yang diselenggarakan khusus BT 02 – Beasiswa Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI). Tahap ini diselenggarakan pada Jumat, 6 Oktober 2023. PJJ PAI dilaksanakan dimulai jam 09.00 sampai 10.45. yang dihadiri oleh 1000 peserta. Kegiatan diawali dengan sambutan Dr. Moh. Ali selaku Ketua Program Studi PJJ PAI dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Ia memberikan sambutan dan arahan terkait dengan pembelajaran dan pencairan PJJ PAI. Selanjutnya adalah pembahasan Pedoman Umum Beasiswa Indonesia Bangkit oleh Dito Alif Pratama. 

Tahap 4 adalah Welcoming Meeting yang akan diselenggarakan langsung di Universitas Islam Internasional Indonesia pada Senin, 9 Oktober 2023. Pertemuan tahap ini diperuntukkan bagi BP 03 – Double Degree Universitas Islam Internasional Indonesia dan The University of Edinburgh. Kegiatan rencananya akan diselenggarakan pukul 15.00 – 16.30 WIB.

Previous Post

Program Persiapan Studi Lanjut S2 dan S3 Telah Dibuka

Next Post

English Preparation Program (EPP) Penguatan Bahasa Bagi Double Degree PTKIN – UUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *