Beasiswa Sarjana (S1) PJJ UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Beasiswa Sarjana (S1) PJJ atau Pendidikan Jarak Jauh Sarjana adalah program beasiswa yang ditujukan bagi Guru di madrasah dan di sekolah, serta guru di pesantren yang berada di bawah binaan Kemenag. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru melalui jenjang S1 pada Program Studi PJJ di Perguruan Tinggi keagamaan Islam

Persyaratan

  1. Mengisi data diri lengkap dengan mengunggah pas foto terbaru berukuran 3×4 dengan background merah pada aplikasi pendaftaran daring dan mengunggah semua persyaratan dokumen yang ditetapkan;
  2. Warga Negara Indonesia (WNI);
  3. Berusia maksimal 47 Tahun; (per tanggal 31 Desember 2025)
  4. Mempunyai Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di bawah binaan Kementerian Agama (daftar jenis satuan pendidikan terlampir) atau pemilik Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari SMA/SMK yang dikelola oleh Pondok Pesantren, dilengkapi transkrip nilai;
  5. Berstatus sebagai:
    • Guru Madrasah di Lingkungan Kementerian Agama, terdaftar di Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag (SIMPATIKA) dan sedang aktif mengajar yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari pimpinan lembaga tempat bertugas;
    • Guru di Sekolah, terdaftar di Sistem Informasi Administrasi Guru Agama (SIAGA) dan sedang aktif mengajar yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari pimpinan lembaga tempat bertugas;
    • Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), terdaftar di Education Management Information System (EMIS), memiliki masa pengabdian 2 tahun dibuktikan dengan SK Pengangkatan, serta sedang aktif mengajar yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari pimpinan lembaga tempat bertugas;
    • Guru Pada Pondok Pesantren, terdaftar di Education Management Information System (EMIS)/SIKAP, memiliki masa pengabdian 2 tahun dibuktikan dengan SK Pengangkatan, serta sedang aktif mengajar yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari pimpinan lembaga tempat bertugas.
  6. Pindai asli SK pertama dan SK terakhir penempatan sebagai guru madrasah/guru di sekolah/guru madrasah diniyah/tenaga pendidik di pondok pesantren;;
  7. Menandatangani Surat Pernyataan Komitmen dan Integritas di atas materai Rp10.000 (format terlampir) yang memuat pernyataan antara lain:
    • Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima Beasiswa Indonesia Bangkit;
    • Tidak sedang atau telah menempuh studi pada jenjang sarjana (S1) baik pada perguruan tinggi di dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri;
    • Tidak sedang atau akan mendaftar sebagai ASN (CPNS/PPPK) selama menjadi Calon Penerima atau Penerima Beasiswa Indonesia Bangkit;
    • Wajib mengikuti pendidikan dan menyelesaikan studi sesuai dengan ketentuan Program Beasiswa S1 PJJ.
  8. Memiliki surat rekomendasi dari pimpinan Lembaga Pendidikan tempat bertugas;
  9. Daftar Riwayat Hidup;
  10. Surat Pernyataan kesanggupan menyelesaikan studi (maksimal 8 semester) di atas kertas bermaterai. Jika tidak menyelesaikan studi sesuai masa kontrak, maka pembiayaan semester berikutnya dibiayai oleh yang bersangkutan;
  11. Surat Pernyataan kesanggupan mengembalikan seluruh biaya studi ke kas negara di atas kertas bermaterai. Jika tidak dapat menyelesaikan studi;
  12. Pendaftar khusus yang berasal dari: (i) daerah terdepan / terluar / tertinggal: (ii) orang asli Papua; (iii) anak pekerja migran Indonesia; (iv) latar belakang keluarga pra-sejahtera; (v) korban konflik; (vi) korban bencana alam; dan (vii) penyandang disabilitas dapat dimungkinkan diprioritaskan;
  13. Beasiswa ini hanya diperuntukkan untuk kelas khusus, yaitu Pendidikan Jarak Jauh di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon berdasarkan kebijakan khusus dan afirmatif dari Kementerian Agama.

Persyaratan Dokumen

NoDokumenOnline FormUnggahan Dokumen
1Isian Data Diri Pendaftar√* 
2Pas Foto√* 
3Scan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga √*
4Nomor Unik Guru (Simpatika, Siaga, atau Emis) √*
5Scan asli Surat Izin Pimpinan Instansi Pendidikan √*
6Scan asli Surat Keterangan Masa Kerja dan Aktif Mengajar + SK Pengangkatan √*
7Scan asli Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di bawah binaan Kementerian Agama √*
8Scan asli Transkrip nilai MA/MAK/SMA/SMK/Sederajat √*
9Scan asli Surat Pernyataan Komitmen dan Integritas
Beasiswa Indonesia Bangkit
 √*
10Scan asli Daftar Riwayat Hidup √*
11Scan asli Surat Pernyataan Kesanggupan Perkuliahan √*
12Scan asli Surat Pernyataan Kesanggupan Pengembalian Biaya √*
13Scan asli Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa Lain √*
14Scan asli Surat Keterangan bagi Pendaftar Khusus*)