Beasiswa Prestasi S1 Dalam Negeri (BP.01)

Beasiswa Prestasi S1 Dalam Negeri merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi Lulusan Satuan Pendidikan Umum dan Keagamaan Jenjang Menengah di bawah binaan Kemenag/Pondok Pesantren/Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Menengah di bawah binaan Kemenag/Lulusan SMA/SMK yang memiliki prestasi tingkat nasional/internasional dan atau MAN Insan Cendekia/Unggul untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 pada perguruan tinggi di dalam negeri.

Persyaratan

  1. Mengisi data diri lengkap dengan mengunggah pas foto resmi dan terbaru berukuran 3×4 (maksimal 1 MB) dengan background merah pada aplikasi pendaftaran daring dan mengunggah semua persyaratan dokumen yang ditetapkan;
  2. Warga Negara Indonesia (WNI);
  3. Mempunyai Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di bawah binaan Kementerian Agama (daftar jenis satuan pendidikan terlampir) atau pemilik Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari SMA/SMK yang dikelola oleh Pondok Pesantren, dilengkapi fotokopi Buku Rapor Nilai 3 (tiga) semester terakhir;
  4. Telah lulus seleksi masuk perguruan tinggi (telah memiliki Letter of Acceptance/Surat Keterangan Lulus). Pendaftar yang belum memiliki LoA unconditional dapat mendaftar melalui Jalur Reguler, dengan batas maksimal Intake studi adalah Semester Gasal TA 2025/2026.;
  5. Mendaftar pada program studi dan perguruan tinggi tujuan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama;
  6. Memiliki prestasi akademik dan/atau non-akademik dalam 3 (tiga) tahun terakhir pada salah satu sebagai berikut:
    • Juara 1,2,3 Olimpiade Sains Internasional, MTQ atau sejenis; atau
    • Juara 1,2,3 OSN, KSM, MTQ dan Ajang Kompetisi sejenis di Tingkat Nasional; atau
    • Finalis Nasional pada OSN dan KSM; atau
      Juara I,2, 3 Utsawa Dharma Gita dan Jambore Pasraman; atau
    • Juara 1,2,3 Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional; atau
    • Penghafal Al-Quran minimal 10 Juz.
  7. Menandatangani Surat Pernyataan Komitmen dan Integritas di atas materai Rp10.000 (format terlampir) yang memuat pernyataan antara lain:
    1. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima Beasiswa Indonesia Bangkit;
    2. Tidak sedang atau telah menempuh studi pada jenjang sarjana (S1) pada perguruan tinggi di dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri;
    3. Tidak sedang atau akan mendaftar sebagai ASN (CPNS/PPPK) selama menjadi Calon Penerima atau Penerima Beasiswa Indonesia Bangkit;
    4. Wajib mengikuti pendidikan secara penuh waktu (full time) di Perguruan Tinggi tujuan;
  8. Memiliki sertifikat kompetensi bahasa Inggris. Bagi pendaftar program studi rumpun ilmu agama dapat melampirkan sertifikat kompetensi bahasa Arab. Masa berlaku sertifikat maksimal 2 (dua) tahun sejak diterbitkan dengan ketentuan skor sebagai berikut:
  9. Memiliki sertifikat kompetensi bahasa Inggris. Bagi pendaftar program studi rumpun ilmu agama dapat melampirkan sertifikat kompetensi bahasa Arab. Masa berlaku sertifikat maksimal 2 (dua) tahun sejak diterbitkan dengan ketentuan skor sebagai berikut:
    • Jenis Sertifikasi Kompetensi Bahasa InggrisSkor Minimal
      TOEFL ITP®400
      Sertifikat Kompetensi Bahasa Inggris Pusat Bahasa PTKIN450
      Sertifikat Kompetensi Bahasa Arab Pusat Bahasa PTKIN450
  10. Memiliki surat rekomendasi dari kepala satuan pendidikan asal  (format terlampir);
  11. Memiliki surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit atau pusat layanan kesehatan;
  12. Menulis Personal Statement / Esai Motivasi Diri (ditulis dalam bahasa Indonesia, 1.000-1.500 kata);
  13. Pendaftar khusus yang berasal dari: (i) daerah terdepan / terluar / tertinggal: (ii) orang asli Papua; (iii) anak pekerja migran Indonesia; (iv) latar belakang keluarga pra-sejahtera; (v) korban konflik; (vi) korban bencana alam; dan (vii) penyandang disabilitas dapat dimungkinkan diprioritaskan;
  14. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:
    • Kelas Eksekutif;
    • Kelas Khusus;
    • Kelas Karyawan;
    • Kelas Jarak Jauh;
    • Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk;
    • Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri;
    • Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara perguruan tinggi; atau
    • Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kementerian Agama.

Persyaratan Dokumen

NoDokumenOnline FormUnggahan Dokumen
1Isian Data Diri Pendaftar√* 
2Pas Foto√* 
3Scan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga √*
4Scan asli Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di bawah binaan Kementerian Agama √*
5Scan asli Buku Rapor Nilai 3 (tiga) semester terakhir √*
6Scan asli Hasil Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri (bagi lulusan Luar Negeri)*) 
7Scan asli Surat Bukti Kelulusan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi pada Program studi yang dipilih (kecuali bagi pendaftar jalur reguler)*) 
8Scan asli Sertifikat Kompetensi Bahasa Inggris/Arab yang dipersyaratkan dan masih Berlaku √*
9Scan asli Surat Keterangan/Sertifikat Kepemilikan Prestasi √*
10Scan asli Surat Keterangan sehat jasmani dari rumah sakit atau pusat layanan kesehatan √*
11Scan asli Surat Pernyataan Komitmen dan Integritas √*
12Scan asli Rekomendasi dari kepala satuan pendidikan atau tokoh masyarakat √*
13Scan asli Personal Statement / Esai Motivasi Diri √*
14Scan asli Surat Keterangan bagi Pendaftar Khusus*)