Beasiswa Umum S1 Dalam Negeri (BU.01)
Beasiswa Umum S1 Dalam Negeri merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi Lulusan Satuan Pendidikan Umum dan Keagamaan Jenjang Menengah di bawah binaan Kemenag/Pondok Pesantren/Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Menengah di bawah binaan Kemenag/Lulusan SMA atau SMK untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 di perguruan tinggi dalam Negeri.
Persyaratan
- Mengisi data diri lengkap dengan mengunggah pas foto resmi dan terbaru berukuran 3×4 (maksimal 1 MB) dengan background merah pada aplikasi pendaftaran daring dan mengunggah semua persyaratan dokumen yang ditetapkan;
- Warga Negara Indonesia (WNI);
- Memiliki Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di bawah binaan Kementerian Agama (daftar jenis satuan pendidikan tercantum dalam aplikasi pendaftaran) atau pemilik Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari SMA/SMK yang dikelola oleh Pondok Pesantren (dibuktikan dengan surat keterangan dari pondok pesantren, dengan mengetahui kepala kantor kementerian agama kabupaten/kota setempat), dilengkapi scan asli Buku Rapor Nilai 3 (tiga) semester terakhir;
- Telah lulus seleksi masuk perguruan tinggi (telah memiliki Letter of Acceptance/Surat Keterangan Lulus). Pendaftar yang belum memiliki LoA unconditional dapat mendaftar melalui Jalur Reguler, dengan batas maksimal Intake studi adalah Semester Gasal TA 2025/2026.
- Mendaftar pada program studi dan perguruan tinggi tujuan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama;
- Menandatangani Surat Pernyataan Komitmen dan Integritas di atas materai Rp10.000 (format terlampir) yang memuat pernyataan antara lain:
- Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima Beasiswa Indonesia Bangkit;
- Tidak sedang atau telah menempuh studi pada jenjang sarjana (S1) baik pada perguruan tinggi di dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar luar negeri;
- Tidak sedang atau akan mendaftar sebagai ASN (CPNS/PPPK) selama menjadi Calon Penerima atau Penerima Beasiswa Indonesia Bangkit;
- Wajib mengikuti pendidikan secara penuh waktu (full time) di Perguruan Tinggi tujuan.
- Memiliki sertifikat kompetensi bahasa Inggris. Bagi pendaftar program studi rumpun ilmu agama dapat melampirkan sertifikat kompetensi bahasa Arab. Masa berlaku sertifikat maksimal 2 (dua) tahun sejak diterbitkan dengan ketentuan skor sebagai berikut:
Jenis Sertifikasi Kompetensi Bahasa Skor Minimal TOEFL ITP® 400 Sertifikat Kompetensi Bahasa Inggris Pusat Bahasa PTKIN 450 Sertifikat Kompetensi Bahasa Arab Pusat Bahasa PTKIN 450 IELTS 5 - Memiliki surat rekomendasi dari kepala satuan pendidikan asal (format terlampir);
- Memiliki surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit atau pusat layanan kesehatan;
- Menulis Personal Statement / Esai Motivasi Diri (ditulis dalam bahasa Indonesia, 1.000-1.500 kata);
- Pendaftar khusus yang berasal dari: (i) daerah terdepan / terluar / tertinggal: (ii) orang asli Papua; (iii) anak pekerja migran Indonesia; (iv) latar belakang keluarga pra-sejahtera; (v) korban konflik; (vi) korban bencana alam; dan (vii) penyandang disabilitas dapat dimungkinkan diprioritaskan.
- Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:
- Kelas Eksekutif;
- Kelas Khusus;
- Kelas Karyawan;
- Kelas Jarak Jauh;
- Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk;
- Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri;
- Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara perguruan tinggi; atau
- Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kementerian Agama.
Persyaratan Dokumen
No | Dokumen | Online Form | Unggahan Dokumen |
1 | Isian Data Diri Pendaftar | √ | |
2 | Pas Foto | √ | |
3 | Scan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga | √ | |
4 | Scan asli Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dari satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di bawah binaan Kementerian Agama | √ | |
5 | Scan asli Buku Rapor Nilai 3 (tiga) semester terakhir | √ | |
6 | Scan asli Hasil Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri (bagi lulusan Luar Negeri)*) | √*) | |
7 | Scan asli Surat Bukti Kelulusan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi/Letter of Acceptance pada Program studi yang dipilih (kecuali bagi pendaftar jalur reguler atau kemitraan)*) | √*) | |
8 | Scan asli Sertifikat Kompetensi Bahasa Inggris/Arab yang dipersyaratkan dan masih Berlaku | √ | |
9 | Scan asli Surat Keterangan Sehat Jasmani dari rumah sakit atau pusat layanan kesehatan | √ | |
10 | Scan asli Surat Pernyataan Komitmen dan Integritas | √ | |
11 | Scan asli Rekomendasi dari kepala satuan pendidikan | √ | |
12 | Scan asli Personal Statement / Esai Motivasi Diri | √ | |
13 | Scan asli Surat Keterangan bagi Pendaftar Khusus*) | √*) |